Aplikasi “Siapdol” Bakal Dijadikan Pilot Projects Sistem Pengelolaan Pendapatan Daerah

Aplikasi “Siapdol” Bakal Dijadikan Pilot Projects Sistem Pengelolaan Pendapatan Daerah

Sumedang, KORSUM – Sistem Aplikasi Pajak Daerah Online “Siapdol”milik Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Sumedang, merupakan sistem/aplikasi yang mendapat penilaian sempurna diantara sistem – sistem yang ada di Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kabupaten Sumedang.

Sehingga oleh Bappenda Sumedang, diusulkan sebagai inovasi Daerah kepada Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri)

“Atas usulan tersebut, Litbang Kemendagri beberapa hari lalu melakukan identifikasi inovasi yang dibuat Bappenda Kab. Sumedang, untuk mengecek secara langsung operasional dan pemanfaatan Siapdol tersebut, dalam rangka peningkatan pelayanan dan optimalisasi penerimaan pendapatan daerah,” Kata Plt Kepala Bappenda Kab. Sumedang Rohana S.Sos., M.Si., melalui Kepala Bidang Pelayanan dan Verifikasi M. Yusup Sahrulloh, Senin (26/4/2021).

Baca Juga : Optimalkan PAD, Bappenda Sumedang Tertibkan Reklame Liar

Adapun hasil identifikasi oleh pihak Litbang Kemendagri itu, sambung Yusup, bahwa aplikasi Siapdol ini, ternyata layak dijadikan pilot projects bagi daerah-daerah lain. Karena menurut mereka aplikasi yang dibuat Bappenda Kab. Sumedang ini, sudah mampu mengakomodir semua layanan informasi mengenai seluruh pengelolaan pajak daerah di Sumedang.

“Siapdol ini, merupakan salah satu layanan informasi berbasis digital yang telah disediakan Bappenda Sumedang. Dengan aplikasi ini, warga akan bisa lebih mudah untuk mencari tahu berbagai informasi mengenai pajak daerah yang dikelola Bappenda Sumedang,” kata Yusup menegaskan.

Yusup menambahkan, seiring semakin pesatnya kemajuan teknologi, layanan-layanan pemerintah juga harus sudah mulai bergeser ke digital.

Untuk itu, aplikasi Siapdol ini, merupakan salah satu inovasi yang dibuat Bappenda untuk memudahkan pelayanan informasi pajak daerah kepada masyarakat.

“Bappenda akan terus berupaya untuk mengoptimalkan pelayanan berbasis digital, seperti yang telah dicanangkan oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *