TNI  

Babinsa Tanjungsari, Sukses Budidaya Angur di Pekarangan Rumah

Budidaya Angur di Pekarangan Rumah

Tanjungsari, KORSUM.ID – Anggota Babinsa Koramil 1004/Tanjungsari Kodim 0610/Sumedang Sertu Ikhsan menceritakan sebagai seorang Babinsa yang selalu terjun ke masyarakat dituntut untuk bisa memberikan motivasi dan inovasi kepada masyarakat binaannya.

Inovasi tersebut diharapkan bisa memberikan kesejahteraan atau paling tidak seorang Babinsa mempunyai keahlian yang bisa ditularkan dan sebagai alat komunikasi di wilayah. Tentu saja keahlian yang ditularkan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

Sertu Ikhsan sukses didalam membudidayakan bibit tanaman anggur dengan memanfaatkan penkarangan rumahnya di Desa Margajaya Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang

Sertu Ikhsan mengatakan dari jerih payahnya, dirinya sudah bisa merasakan hasilnya dan berharap kedepannya mampu menggerakkan serta mengajak warga yang ada di Desa Binaannya dan warga yang ada dilingkungan tempat tinggalnya untuk budidaya anggur di pekarangan rumah masing-masing.

Meskipun secara otodidak dan tidak memiliki dasar sebagai petani holtikultura, ia memilih menekuni budidaya anggur impor di halaman rumahnya  secara optimal, Ia mengawali budidaya sejak awal  tahun 2021

“Lebih dari 20 varietas tanaman anggur impor dibudidayakan disini, di antaranya jenis Jenis anggur goszvi, ninel, akademik, transvigurasi, nn06, ilaria, laura, heliodor, everest, linglongfinnger, angelica, julian, tamaki, velest, dobosskipink, julokluno, kopidon, taldun, pione”, ujar Ikhsan, Rabu (1/2/2023).

Tanaman anggur itu, lanjutnya, sebelum panen sekalipun sudah bisa menghasilkan uang dari menjual bibit anggur berkisar 100 – 150 ribuan per pot.  Dalam kesempatan itu juga sertu ikhsan memberikan sedikit tips kunci usaha yaitu mau bertanya, tidak putus asa dan laksanakan dengan penuh kasih sayang saat merawat pohon.