Sosial  

Banyak Ulama Terpapar Covid-19 Baznas Sumedang Laksanakan “Program Kita Jaga Kyai”

Sumedang, KORSUM.ID – Seperti diketahui lebih 700 ulama  yang  wafat usai  berjuang  melawan Covid-19. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumedang melakukan program untuk mendukung upaya penanggulangan COVID-19 dilingkungan pesantren.

“Hingga saat ini lebih dari 700 ulama  yang  wafat usai  berjuang  melawan Covid-19. Maka BAZNAS mengajak kita semua bersama jaga kyai, guru ngaji dan santri. Program ini berupa dukungan paket kesehatan para Kyai dan Pesantren, paket multi vitamin dan kesehatan, peningkatan literasi dan kampanye protokol kesehatan”. Kata ketu Baznas Sumedang Ayi Subhan Hafas, Jumat (6/8/2021).

Ayi Subhan Hafas menyatakan bahwa program-program yang dilaksanakan BAZNAS untuk mendukung upaya pengendalian COVID-19 merupakan bagian dari pemanfaatan dana zakat, infak, dan sedekah untuk kemaslahatan umat.

“Ini adalah bentuk kepedulian masyarakat zakat terhadap peran dan fungsi para kyai sebagai pilar pertahanan bangsa. Semoga program ini dapat memicu dan motivasi dalam mendukung optimalisasi pengelolaan zakat,” kata dia.

BAZNAS menjalankan Program Kita Jaga Kiai untuk membantu menekan kasus penularan COVID-19 dilingkungan pesantren.

Program itu meliputi penyelenggaraan pelayanan vaksinasi, pembagian paket imunitas dan paket higienitas, pelayanan pemeriksaan kesehatan, serta pemberian bantuan bagi pasien yang melakukan isolasi mandiri (isoman).

“Program ini sejalan dengan program pemerintah, pencapaian herd Immunity (kekebalan kelompok) dapat disegerakan melalui program vaksinasi COVID-19. Lalu untuk mencapai tingkat herd Immunity minimum 70 persen diperlukan kerja keras, di antaranya dengan jemput bola ke komunitas, dalam hal ini adalah komunitas pesantren,” katanya.

Ia mengatakan bahwa sebagai entitas lembaga negara yang diberi mandat untuk menyalurkan zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan yang lain, BAZNAS pada masa pandemi harus ikut menjaga para kyai yang berada di garda depan dalam syiar agama.

“Selain menjalankan program Kita Jaga Kyai, BAZNAS juga berperan aktif dalam upaya penanganan dampak pandemi COVID-19 terhadap kondisi perekonomian warga”. Ucapnya.