Desa Digital, Bupati Terima Kunjungan Tim PDG

Desa Digital, Bupati Terima Kunjungan Tim PDG

Sumedang, KORSUM– Desa yang ada di Kabupaten Sumedang harus bisa menjadi desa digital. hal tersebut dikatakan Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir saat menerima kunjungan dari Tim Prakarsa Data Gemilang (PDG) di Ruang Tengah Gedung Negara, Selasa (7/7)

Atas nama Pemerintah Kabupaten Sumedang, Bupati menyambut baik kedatangan Tim PDG yang kehadirannya tidak lain dalam rangka memajukan desa-desa di Kabupaten Sumedang.

“Kami sangat terbuka dan memerima apa yang telah diprogramkan oleh Diskominfo Provinsi bersama PDG yang akan menjadikan Sumedang sebagai pilot project” ungkapnya.

Menurut Bupati, desa-desa yang ada di Kabupaten Sumedang harus bisa menjadi desa digital. Oleh karena itu, PDG diharapkan menjadi salah satu instrumen untuk memajukan desa melalui program Smart Village Nusantara.

“Mudah-mudahan program Sumedang Digital Region akan nyambung dengan program-program yang ada di PDG. Yang penting kelanjutan dan kualitas dari program itu sendiri. Jangan sampai kita bangun berbagai aplikasi tapi tidak berlanjut,” tandasnya.

Sementara itu, Dr. Phil Gustiana I Marjani sebagai Komisaris Prakarsa PDG mengatakan, kehadirannya di Sumedang untuk merespon kebutuhan masyarakat Kabupaten Sumedang dalam menyambut era digitalisasi.

“Dalam menghadapi era digitalisasi, kami sudah berkoordinasi dengan Diskominfo Kabupaten Sumedang yang sudah mempersiapkan perangkat lunaknya termasuk SDM yang disiapkan sampai dengan tingkat RW. Tetapi infrastruktur untuk jaringan digitalisasinya yang belum ada,” ucapnya.

Phil menambahkan, dengan hadirnya Smart Village yang dikemas dengan konsep Smart Village Nusantara dengan jaringan yang dikembangkan PDG diharapkan bisa menjadi solusi.

“Kesiapan SDM yang sudah terbangun dalam masyarakat bahkan IT sampai tingkat RW akan didukung oleh fasilitas infrastruktur yang akan kami siapkan,” terangnya.

Menurut Phil, kegunaan dari Smart Village Nusantara adalah sebagai salah satu media percepatan dalam proses pembangunan desa itu sendiri.

“Karena fokus dari Presiden Republik Indonesia adalah membangun daerah terluar. Daerah terluar bukan hanya pada daerah perbatasan saja, tapi desa yang menjadi jejaring terluar dari masyarakat struktur organisasi di tingkat nasional,” terangnya.

Terakhir Phil mengungkapkan, Kabupaten Sumedang akan menjadi pilot project di Jawa Barat terkait dengan pembangunan Smart Village Nusantara.

“Kita start up dari sini. Bagaimana Smart Village ini akan memberi kemanfaatan bagi masyarakat, nanti kita akan evaluasi.Tapi kami yakin ini akan sangat bermanfaat. Kami siap melayani akan kebutuhan serba digital dengan konsep yang kami bawa ini,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *