Disnakertrans Fasilitasi Penyandang Disabilitas Raih Pekerjaan Layak

  • Bagikan

Sumedang, KORSUM.ID – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang melalui Unit Layanan Disabilitas (ULD) bidang ketenagakerjaan, dalam waktu dekat ini akan memfailitasi para penyandang Disabilitas (Keterbatasan fisik) agar bisa meraih pekerjaan yang layak.

Hal disampaikan Kepada Disnakertrans Asep Sudrajat diruang kerjanya, Selasa (26/10/2021). Program ini, lanjut dia, dilatarbelakangi UU 45 bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan kehidupan yang layak, dan UU no 8 tahun 2016 tentang Disabilitas bahwa pemerintah dan perusahaan wajib menyediakan tenaga kerja bagi penyandang Disabilitas.

“Namun menempatan kerja bagi penyandang Disabilitas ini harus disesuaikan dengan skil atau kemampuan termasuk kondisi Disabilitas itu sendiri, sehingga pihak penerima kerja (perusahaan) tidak merasa dirugikan dengan adanya pekerja yang memiliki keterbatasan fisik, “tandasnya.

Sehingga, lanjutnya, Disabilitas yang ditangani Disnakertrans, tidak secara keseluruhan. Namun Disabilitas produktif untuk dipersiapkan dalam suatu pekerjaan di perusahaan swata atau BUMD.

“Berdasarkan data PPDI (Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia) bahwa Disabilitas produktif dari usia 18 hingga 40 tahun di Kabupaten Sumedang terdapat 105 orang. Sehingga pihak Disnakertrans akan memverifikasi berdasarkan kemampuan masing-masing Disabilitas tersebut, “ujarnya.

Disebutkan, tugas Unit Layanan Disabilitas (ULD) yaitu merencanakan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak atas pekerjaan bagi penyandang Disabilitas.

Disamping itu, memberi informasi kepada pemerintah dan perusahaan swasta mengenai proses rekrutmen, penerimaan, pelatihan kerja, penempatan kerja, keberlanjutan kerja, dan pengembangan karier yang adil dan tanpa diskriminasi kepada penyandang Disabilitas.

ULD juga menyediakan pendampingan kepada tenaga penyandang Disabilitas, dan kepada pemberi kerja yang menerima tenaga kerja Disabilitas. Termasuk mengoordinasikan ULD ketenagakerjaan, pemberi kerja, dan tenaga kerja dalam pemenuhan dan penyediaan alat bantu kerja bagi penyandang Disabilitas.

“Sarana dan prasarana ULD ketenagakerjaan disediakan dalam rangka memberi kemudahan pelayanan dan akses bagi penyandang Disabilitas seperti fasilitas, ruang pelayanan ULD ketenagakerjaan, dan fasilitas pendukung lainnya, “katanya.

  • Bagikan