HUT KNPI ke-48 Selenggarakan Gebyar Vaksin Covid-19

  • Bagikan

KORSUM.ID – Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Sumedang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang menggelar Gebyar Vaksinasi Covid-19 masal di Graha Insun Medal (GIM) Sumedang, Jumat (30/7/2021).

Gebyar Vaksinasi yang digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 KNPI tersebut menyasar 1000 orang dari berbagai lapisan masyarakat dan dibagi empat gelombang.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir saat memantau pelaksanaan vaksinasi menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan wujud dukungan KNPI membantu pemerintah dalam mempercepat herd immunity (kekebalan kelompok) di Kabupaten Sumedang.

“Kalau kekebalan kelompok ini terwujud, tentu akan secepatnya mengembalikan kehidupan kita ke kondisi yang normal lagi,” ujarnya.

Menurutnya, capaian vaksinasi di Kabupaten Sumedang baru mencapai 14 persen. Oleh karena itu, partisipasi seluruh komponen masyarakat, termasuk KNPI, sangat diperlukan untuk mempercepat capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sumedang.

“Saya ingin semuanya berpartisipasi menjadi bagian solusi untuk mengatasi Covid-19, termasuk vaksinasi,” katanya.

Dikatakan Bupati, langkah yang perlu dilakukan untuk mengakselerasi vaksinasi di Kabupaten Sumedang adalah dengan optimalisasi mobilisasi sasaran vaksin secara masif melalui partisipasi seluruh lapisan masyarakat.

“Vaksinasi secara masif kita lakukan dibantu TNI Polri diantaranya melalui Babinsa dan Bhabinkantibmas, juga oleh OKP, Ormas, wartawan, supaya warga mau datang untuk divaksin,” kata Bupati.

Kemudian, lanjut Bupati, penyelenggaran vaksinasi juga dilakukan secara hybrid dengan melibatkan lintas sektor melalui Pos Vaksin maupun secara mobile, Urkes Polres, Kesdim, Brimob dan Yonif, ditambah vaksinasi lainnya dari perguruan tinggi.

“Nanti tanggal 2 Agustus 2021 dari TNI AL, tanggal 16 Agustus 2021 dari Lanud AU Suryadharma akan datang ke Sumedang. Untuk perguruan tinggi, malam selasa kemarin saya adakan zoom meeting dan meminta seluruh Rektor menjadi bagian untuk ikut mensosialisasikan vaksinasi dengan menghubungi jejaringnya,” kata Bupati.

Bupati Dony mengatakan, khusus untuk kecamatan Jatinangor yang notabene merupakan kawasan pendidikan ditargetkan 50-70 persen sehingga bisa menjadi percontohan dan pembelajaran tatap muka bisa secepatnya dijalankan.

“Saya targetkan Jatinangor bisa mencapai 50 sampai 70 persen untuk vaksinasinya sehingga bisa menjadi prototype kecamatan lainnya. Herd immunity pun bisa secepatnya terwujud,” pungkasnya.

Turt hadir dalam monitoring tersebut, Camat Sumedang Selatan Syarif Efendi Badar beserta unsur Forkopimcam Sumedang Selatan, Ketua Baznas Kabupaten Sumedang Ayi Subhan Hafaz dan Ketua DPD KNPI Sumedang Eky Ahmad Muzaky beserta jajaran.

  • Bagikan