Jalan Rusak Segera Diperbaiki

Jalan Rusak Segera Diperbaiki

SITURAJA-Meski belum musim hujan namun sejumlah kondisi jalan di Kabupaten Sumedang sudah banyak yang berlubang dan rusak. Kondisi itu dikeluhkan warga dan pengguna jalan. Apalagi, di tengah musim hujan seperti saat ini, selain lubang meluas, kerusakan jalan sering tidak terlihat karena tertutup genangan air. Akhirnya para pengendara harus ekstra hati-hati ketika melintasi jalan yang rusak.

Saat ini Jalan Sukatali-Paseh Kabupaten Sumedang tepatnya di ruas jalan Tonjong  kondisinya  rusak parah dan akan diperbaiki tahun ini. Jalan tersebut terakhir diperbaiki sekitar 2013 lalu. Kerusakan jalan terparah  sekitar sekitar 500 Meter. Hal itu dikatakan Abang (30) warga Desa Sukatali Jumat (2/10/2020).

Menanggapi hal itu, Sekertaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Sonny Nugraha mengaku pihaknya akan berupaya melakukan perbaikan terhadap kondisi jalan yang saat ini kondisinya rusak. Namun upaya perbaikan akan dilakukan terhadap jalan yang statusnya adalah jalan kabupaten dan secara bertahap.

“Karena pengelolaan jalan itu kan sudah dibagi. Ada jalan yang nasional yang kewenangan pengelolaanya ada pemerintah pusat. Ada jalan provinsi dan kewenangannya di pemerintah provinsi. Nah kalau jalan kabupaten dan desa, itu diserahkan ke kita”. Ujarnya.

Sonny menambahkan, untuk Jalan Tonjong Sukatali ini tadinya dianggarkan 1 Milyar namun karena terkena dampak Covid-19 maka terjadi rasionalisasi pengurangan anggaran 50 persen menjadi 470 Juta.

“Kemarin  melalui proses penyedia hasilnya sudah ada pemenang tender adapun  kebutuhannya untuk 2,4 KM  namun untuk saat ini yang akan kita tangani 560 Meter dengan pekerjaan utama untuk pembangunan hotmik adapun rencana penangulangan yang rusak berat itu membutuhkan Rigid Beton. Sisanya paling kita akan tangani dianggaran perubahan. Jadi untuk tahun ini kita tangani dengan anggaran murni dan sebagian lagi pada anggaran perubahan. Dan kemungkinan kerusakan yang paling parah kurang lebih 350 Meter akan ditangani ditahun depan pada tahun 2021,” ungkapnya, Jumat (2/10/2020).

Sementara itu, mengenai jalan nasional atau jalan provinsi yang mengalami kerusakan, dinas akan melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi. Sehingga perbaikan bisa segera dilakukan.

Sementara Kusman (30) Warga Desa Sukatali,  mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sumedang dan Dinas terkait yang akan membangun Jalan Sukatali dengan aspal hotmix.

“Jalan kami akan bagus dan kami tidak kesulitan lagi untuk mengangkut hasil tani dan kebun kami. Selain itu ada beberapa potensi lainnya seperti wisata ‘pangcalikan kanjeng pangeran’ diharapkan wisatawan akan lebih tertarik dengan adanya akses jalan yang mulus. Saya mewakili masyarakat Desa Sukatali mengucapkan terima kasih kepada bapak Bupati dan rengrengan,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *