Banner Iklan bjb

Kapolres Sumedang Minta Ada Posko Penegakan Prokes Disetiap Hajatan

  • Bagikan

Sumedang, KORSUM – Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto meminta adanya pembentukan posko penegakan prokes kesehatan di setiap pelaksanaan event maupun berbagai jenis hajatan.

Demikian disampaikannya Kapolres Sumedang, usai menerima audensi dari sejumlah pengusaha jasa pernikahan yang tergabung kedalam Asosiasi Penyelenggara Pernikahan Sumedang (APPS), di Mapolres Sumedang, Kamis (2/9/2021).

“Jadi apapun eventnya, mau kegiatan vaksinasi ataupun hajatan, mereka harus mendirikan Posko Prokes. Dengan harapan itu harus menjadi percontohan,” ujar Kapolres.

Lebih lanjut Eko menuturkan, sebagai Satgas Covid-19, pihaknya siap untuk menyupervisi tim penegakan prokes di acara hajatan. Sedangkan yang menjadi tim penegakan prokes disediakan oleh penyelenggara hajat sendiri, yang tentunya sudah memahami penegakan prokes.

“Pada prinsipnya mereka akan banyak menggelar event – event, dan dimasa pandemi ini seperti vaksinasi. Kemudian jika kedepannya ada hajatan dimulai mereka akan menggelar proses pernikahan. Kami sifatnya hanya mensupervisi sehingga bisa menghemat energi dan bisa menjangkau lebih luas,” tutur Eko.

Eko juga menyebutkan tidak akan melakukan pembubaran selama protokol kesehatan dijalankan oleh pihak penyelenggara acara. Dan jika ditemukan adanya pelanggaran, pihaknya memastikan akan melakukan tindakan secara humanis.

“Kita akan menilai dulu apakah posko bisa berjalan efektif, apakah prokes bisa sesuai, baru kita lakukan langkah – langkah yang diperlukan,” sebutnya.

Dengan kesepakatan tersebut, Eko berharap, pihaknya bisa menekankan adanya partisipasi dari masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku.

“Mudahan saja ada partisipasi dari masyarakat dalam menegakan prokes dari acara hajatan seperti itu. Sehingga dapat menekan penyebaran virus Corona,” harapnya.

Terpisah Ketua APPS Yadi Bachman mengatakan, pihaknya siap untuk menjalankan kebijakan yang diberikan oleh pemerintah. Yaitu menggunakan protokol kesehatan yang ketat selama pelaksanaan hajatan.

“Tentunya, kami siap untuk jalankan sesuai arahan dari Pak Kapolres. Dan itu juga sudah disepakati oleh semua anggota dari APPS yang didalamnya juga terdiri dari beberapa forum atau asosiasi,” kata Bachman menegaskan.

  • Bagikan