Sumedang, KORSUM.ID – Akibat kecewa dengan pelayanan PLN dan BPN, sedikitnya 100 warga yang mengatas-namakan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pengembang dan Pemasaran Rumah Nasional (Asprumnas) menggelar aksi masa ke gedung DPRD Kabupaten Sumedang, Kamis (09/12/2021).
Aksi damai yang melibatkan ratusan masa itu, bertujuan menyampaikan aspirasi yang dipimpin langsung Ketua Asprumnas Kabupaten Sumedang Riki Fazri Sujana dan Sekretarisnya Huliman Abdul Gofur.
Aksi masa tersebut diterima Wakil Ketua DPRD Titus Diah yang menghadirkan Manager PLN Edi Susanto dan Kepala BPN Kabupaten Sumedang Iim Rohiman termasuk Dinas Perijinan.
Kepada wartawan, Sekretaris DPD Asprumnas Huliman Abduk Gopur Mengungkap kekecewaan terhadap pelayanan BPN yang katanya tidak sesuai Standar Operasinal Prosedur (SOP).
“Pelayanan BPN itu sangat lamban. Seharusnya pekerjaan itu bisa selesai dalam empat, tapi ini malah berbulan-bulan sehingga kami kecewa dengan kinerja BPN, ” kata Huliman.
Untuk kedepan, lanjut dia, berharap kinerja BPN lebih baik lagi. Namun berdasarkan hasil dialog tadi, kepala BPN ada itikad baik akan memperbaiki dalam pelayanannya sehingga berharap dalam percepatan pelayanan BPN harus sesuai SOP.
Termasuk jam pelayanan dari para petugas BPN, akan dipernaiki lebih profesional lagi bahkan pelayannya itu hingga sampai jam 12 siang. Sehingga dokumen yang belum terselesaikan, akan cepat selesai.
Sementara dari PLN karena selama ini terjadi pembebanan investasi pemasangan listrik sehingga memberatkan kepada pihak pengembang dan warga yang akan memasang listrik, kami dalam hal ini memberkan solusi yakni kami siap membantu PLN dalam pesangan jaringan.
“Namun kami tidak siap untuk dibebankan dalam pemasangan Travo. Sebab, selama ini pengembang sudah dibebani pemasangan jaringan termasuk dibebani pemasangan Travo yang seharus ditanggung PLN tapi dibebankan kepada pengembang, ” tuturnya.