Sumedang, KORSUM – Kepala Desa Sukajadi Kecamatan Wado, Dede Suhendar, mengaku kesal dengan pelayanan di Puskesmas Wado yang dinilai kurang etis dan tidak ramah terhadap pasiennya.
Kekesalannya tersebut, didasari keluhan dari warganya yang hendak berobat ke Puskesmas pada Sabtu (26/9) malam kemarin.
Menurutnya, saat berobat tersebut pasien sudah dalam kondisi parah, muntah-muntah tak masuk makanan sama sekali hingga badannya lemas. Disisi lain, saat berobat ke Puskesmas, malah tidak mendapatkan pelayanan yang baik. Dimana petugas jaga saat itu, melayani dan malakukan penyampaian saran dengan nada ketus.
“Saat itu, salah seorang petugas di Puskesmas Wado memberikan saran kepada pasien untuk makan. Namun, cara petugas mengingatkan pasien tersebut dinilai arogan dan ketus oleh pasien dan keluarganya. Padahal waktu itu kondisi pasien terus mengalami muntah-muntah, bahkan minum air pun tidak masuk,” kata Dede yang juga Sekretaris Apdesi Kecamatan Wado pada KORSUM, Minggu (27/9).
Selain itu, sambung Dede, saat itu pasien tidak mendapat penanganan atau tindakan serius saat berada di IGD Puskesmas selama 2 jam, padahal kondisi pasien pada saat itu sudah cukup parah. Walaupun alasan Observasi, seharusnya petugas bisa menjelaskan kepada keluarga pasien terkait proses observasi tersebut.
Atas perlakuan tersebut, dirinya menyarankan agar warganya itu, untuk pindah ke pelayanan kesehatan lainnya dengan harapan agar pasien bisa ditangani secara cepat dan tepat.
“Saat itu juga pasien kami pindahkan ke klinik yang lain, agar dapat ditangani dengan cepat, karena kondisinya parah,” ujarnya.
Dede menambahkan, terkait pelayanan kurang baik yang diberikan pihak puskesmas tersebut, bukan pertama kalinya dikeluhkan, melainkan sudah sering dirinya mendapatkan laporan dari warganya terkait kurang maksimalnya pelayanan di Puskesmas Wado.
“Ini bukan keluhan yang pertama disampaikan warga, tapi saya sering mendapatkan keluhan terkait pelayanan di Puskesmas Wado,” ucapnya.
Protes Terhadap Kepala Puskesmas Wado
Kemudian, atas seringnya mendapatkan keluhan tersebut, Dede mengaku sudah menyampaikan protes terhadap kepala Puskesmas dan telah menyampaikan juga kepada pihak Pemerintah Kabupaten Sumedang. Agar perlakuan atau pelayanan petugas bisa dengan ramah tamah.
Ketika dikonfirmasi akan adanya keluhan tersebut, Kepala Puskesmas Wado, dr. Eka Damayanti mengatakan, adanya kejadian tersebut, dimungkinkan adanya miskomunikasi.
“Ya namanya juga mengahadapi masyarakat dengan berbagai karakter, ada yang puas, yang komplain juga pasti ada, karena tidak mungkin kita bisa bisa memuaskan semua pihak,” ujarnya, saat dikonfirmasi KORSUM melalui pesan Whatsapp.
Kendati demikian, sambung Eka, pihaknya akan mengkaji keluhan tersebut dan menindaklanjuti sesuai dengan kebutuhan.
“Laporan kronologis sedang kami buat. Untuk kami laporkan ke atasan kami,” kata Eka.
Eka menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada warga yang telah menyampaikan keluhan terkait pelayanan di puskesmas. Karena itu pertanda warga merasa memiliki dan ingin menjaga Puskesmas.
“Kami pun akan terus berupaya melakukan perbaikan, walaupun perbaikan tersebut tidak mungkin bisa dilakukan sekaligus,” kata Eka menegaskan.