Longsor di Jalan Lingkar Timur Jatigede Sumedang Melibas Warung dan Dua Motor

SUMEDANG, KORSUM.ID – Peristiwa longsor melanda Blok Legok Lame, Dusun Cipicung RT 01 RW 01 Desa Cipicung, tepatnya di Jalan Lingkar Timur, Minggu, 25 Februari 2024. Hujan deras yang mengguyur sejak malam hari kemarin menjadi pemicu terjadinya longsor sepanjang sekitar 50 meter dengan ketinggian mencapai 200 meter.

Camat Jatigede, Wudan Lukmanul Hakim, menjelaskan bahwa kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 07.30 WIB. Seorang warga dan korban yang berada di warung saat itu menjadi saksi ketika tanah tiba-tiba bergeser, menimbulkan korban terbawa hanyut oleh tanah.

“Warung beserta isinya serta 2 unit motor menjadi korban longsor. Beruntung, pemilik warung yang bernama Ojo (49) selamat dan segera mendapatkan pertolongan medis,” ujar Wudan.

Kerusakan yang ditimbulkan akibat peristiwa ini diperkirakan mencapai Rp 80 jutaan. Untuk sementara, upaya pembersihan sedang dilakukan dengan melibatkan berbagai unsur, termasuk Polsek, Koramil Jatigede, instansi kecamatan dan desa, BPBD Sumedang, serta partisipasi warga.

“Tidak hanya itu, pembatas police line juga dipasang di sekitar area kejadian untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas di Jalan Lingkar Timur,” tambahnya.