Melalui Zoom Meeting, Jajang Sampaikan Sejumlah Catatan Hasil Musrenbang Kecamatan

Melalui Zoom Meeting, Jajang Sampaikan Sejumlah Catatan Hasil Musrenbang Kecamatan

Sumedang, KORSUM – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Jajang Heryana, S.E menyampaikan sejumlah catatan yang ditemukan dari hasil penyelenggaraan Musrenbang di tingkat kecamatan, beberapa waktu lalu.

Catatan tersebut, disampaikan Jajang saat memberikan sambutan dalam acara pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Ranwal Renja Perangkat Daerah Tahun 2022 dalam rangka penyusunan Rancangan RKPD Tahun 2022 secara serentak, melalui Zoom Meeting, di Ruang Kerjanya, Senin (22/2/2021).

Adapun catatan itu, kata Jajang, banyaknya perencanaan yang mengusulkan Bantuan Keuangan Desa (Bankudes). Padahal, anggaran desa yang diperoleh dari Dana Desa, Anggaran Dana Desa (DD dan ADD), kemudian bantuan keuangan provinsi secara khusus ke desa sudah mengalir secara rutin.

Untuk itu, Jajang meminta Pemerintah Daerah Kab. Sumedang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) agar melakukan evaluasi terkait banyaknya usulan yang datang dari desa tersebut.

“Banyaknya usulan ini, tentunya
menjadi catatan bagi kami. Kenapa dari desa masih muncul atau banyak usulan melalui bantuan keuangan desa. Ini mohon nanti di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dikaji lagi,” ujarnya.

Kendati demikian, Jajang menyambut baik tema perencanaan pembangunan 2022 yaitu Akselerasi Sumedang Simpati dengan Kolaborasi dan Inovasi.

Menurutnya, melalui kolaborasi, elaborasi dan inovasi merupakan suatu kekuatan pemerintah untuk membangun daerah secara bersama-sama.

“Inovasi yang harus kita lakukan dalam perencanaan pembangunan 2022, tentunya harus sejalan, seiring dengan bagaimana perencanaan pembangunan nasional dan provinsi, serta sinergi dengan rencana pembangunan daerah Kabupaten Sumedang,” kata Jajang.

Jajang menambahkan, terkait adanya berbagai usulan pada Musrenbang Kecamatan tersebut, hendaknya bisa dirembukkan di Forum Perangkat Daerah di masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

“Jadi, apa yang menjadi patokan dari masyakat dan kesesuaian dengan rencana pembangunan nasional dan provinsi, ini bisa sebaik mungkin dikolaborarikan. Sehingga, tujuan pembangunan nasional bisa sinergi dengan keinginan masyarakat Sumedang,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *