METAVERSE Sumedang Dijajal Mendagri Tito Karnavian

Sumedang, KORSUM.ID – Seakan tidak pernah lelah dalam beronovasi, Sumedang terus kembangkan Public Service Super Meta demi mendorong pelayanan publik melalui adopsi teknologi digital. Keberhasilan Sumedang dalam mengiplementasikan SPBE, kini menjadi sorotan nasional termasuk Menteri Dalam Negeri, Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D.

Pada kesempatan kunjungan kerjanya ke Sumedang (Jumat, 21/10/22), Menteri Tito Karnavian sekaligus meresmikan SUPERMETA Public Service Metaverse, yaitu sistem digitalisasi pada layanan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sumedang.

Beliau sangat mengapresiasi MPP Kab. Sumedang, karena semua pelayanan terintegrasi dalam satu atap. MPP akan sangat bermanfaat dan akan sangat membantu masyarakat.

“Dengan sistem yang terbuka seperti ini, masyarakat tidak dipersulit dan potensi adanya pungli jauh menurun, apalagi dengan sistem yang baru yaitu Metaverse.” Ujarnya.

Sistem Metaverse yaitu sistem dengan semua pelayanan publik bisa diakses melalui internet, jadi tidak ada kontak fisik antara petugas dengan masyarakat. Masyarakat masuk dalam sistem metaverse dan bertransaksi secara online.

Beliau berharap dengan adanya MPP dan sistem metaverse, masyarakat Kabupaten Sumedang bisa terbantu dalam pembuatan administrasi juga mengurangi tindakan pungli atau korupsi.