Pastikan Berjalan Efektif, Wabup Sumedang Tinjau Langsung Pos Penyekatan di Perbatasan

Pastikan Berjalan Efektif, Wabup Sumedang Tinjau Langsung Pos Penyekatan di Perbatasan

Sumedang, KORSUM – Untuk memastikan Pos Penyekatan berjalan efektif sesuai prosedur yang ditetapkan sekaligus memberikan arahan langsung kepada para petugas di lapangan, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan beserta para Asisten Setda, sebagian Kepala Perangkat Daerah, serta unsur TNI dan Polri melaksanakan Monitoring Pos Penyekatan di Cikaramas Kecamatan Tanjungmedar dan Pos Penyekatan Simpang Kecamatan Pamulihan, Kamis (6/5/2021).

Penyekatan sendiri, dilakukan bagi para pemudik yang masuk dari luar Kabupaten Sumedang guna untuk memotong mata rantai penyebaran Covid-19.

“Penyekatan di semua akses masuk ke Kabupaten Sumedang ini, sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dalam
ikhtiar mencegah penyebaran Covid-19,” kata Wabup disela peninjauan.

Pada kesempatan itu, Wabup juga turut memeriksa kendaraan yang melintas dan menanyakan maksud tujuan pengemudi datang ke Kabupaten Sumedang.

Menurutnya, hasil pantauan di lapangan di Pos Penyekatan Desa Cikaramas Kecamatan Tanjungmedar pelaksanaannya relatif lancar dan lalu lintas tidak begitu padat.

“Tadi ada beberapa kendaraan yang kami putar balik karena tidak sesuai dengan izin kedatangannya ke Kabupaten Sumedang, terutama plat nomor kendaraan dari luar daerah,” tuturnya.

Wabup juga melaporkan hasil temuannya di lapangan pada saat pemeriksaan, termasuk adanya kendaraan roda empat berplat nomor Bogor.

“Alasannya mau nengok saudara sakit di Jatinangor. Tapi karena tidak dilengkapi dengan surat-surat dari daerah asalnya, kami putar balikkan,” tegasnya.

Sementara Pos Penyekatan di Simpang Pamulihan, Wabup mengatakan, keberadaannya bersifat Pos Pam untuk pengamanan Idul Fitri juga dan lapis kedua penyekatan dari pos-pos sebelumnya.

“Sifatnya hanya Pos Pam dan juga penyaringan atau filter kendaraan yang lolos di Pos Penyekatan Jatinangor dan Cimanggung. Ternyata setelah diperiksa mereka tidak memenuhi syarat sesuai ketentuan yang berlaku. Kita suruh putar balik di sini untuk kembali,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *