PUPR Sumedang Anggarkan Rp 71 Miliar Untuk Penanganan Jalan

  • Bagikan

Sumedang, KORSUM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sumedang, menganggarkan Rp 71,8 miliar untuk penanganan jalan di tahun 2021 ini.

Demikian disampaikan Sekertaris PUPR Kabupaten Sumedang, R Sonny Nurgahara, ST,.M.Sos,M.Si saat dikonfirmasi di Ruang Kerjanya, Jumat (11/6/2021).

Menurutnya, untuk penanganan jalan pada tahun ini terdapat 103 paket pekerjaan dengan total nilai Rp 71,8 miliar. Namun, dari 103 paket pekerjaan untuk perbaikan maupun untuk rekonstruksi jalan tersebut, ada beberapa prioritas.

Diantaranya yaitu, Desa Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara dianggarkan Rp 2,7 miliar, Cipameumpeuk – Kebonseureh Kecamatan Sumedang Selatan Rp 1,2 miliar, Cigembong – Batugara Kecamatan Ganeas Rp 3,5 miliar, Jalan strategis Ganeas – Awiluar Rp 3,8 miliar, kemudian jalan Cibeureum menuju TPSA akan ditangani Rp 3,8 miliar.

Selanjutnya, sambung Sonny, yaitu Cisumur – Nangerang Kecamatan Surian Rp 276 juta, Hariang – Cisumur Kecamatan Buahdua Rp 1,4 miliar, Jalan strategis Babakan Caringin – Sudimampir Kecamatan Tanjungkerta Rp 1,9 miliar, Peningkatan Jalan Jingkang – Cisumur Tanjungmedar Rp 969 juta dan untuk Kecamatan Jatigede yaitu ruas jalan Cijengjing – Lebaksiuh Rp 1,4 dan Lebaksiuh – Kadu Rp 1,8 miliar.

Kemudian, Kecamatan Jatinunggal yaitu Sukamanah – Cibareubeu Rp 1,9 miliar dan Kirisik – Cipeundeuy Rp 1,8 miliar, untuk Kecamatan Wado yaitu Jalan Sukanyiru Rp 1 miliar dan Cimungkal – Kirisik Rp 1 miliar, dan untuk Kecamatan Darmaraja yaitu Neglasari – Sukamanah, Kecamatan Situraja yaitu Situraja – Kadu Rp 969 juta dan Situraja – Cikadu Rp 300 juta.

Sedangkan untuk Kecamatan Cibugeul, kata Sonny, yaitu Jalan perbatasan Sumedang – Garut Rp 2,3 miliar, dan untuk Kecamatan Cimanggung yaitu jalan strategis Cimande – Pasirnanjung Rp 3,7 miliar, Cicabe – Cisempur Rp 3,9 miliar. Untuk Kecamatan Tanjungsari yaitu jalan Cigendel – Haurgombong Rp 2 miliar, Kecamatan Sukasari yaitu jalan Cilayung Rp 4,6 miliar, Singkup – Kareumbi Rp 969 juta,

Baca Juga : Beri Kenyamanan Pengguna Jalan, Tim URC PUPR Sumedang Gencar Perbaiki Jalan Berlubang

“Itu mungkin yang menjadi prioritas penanganan jalan di PUPR Sumedang di tahun 2021 dari 103 paket pekerjaan yang ada,” kata Sonny menegaskan.

Sonny menuturkan, saat ini pihaknya juga sedang menyusun jalan strategis Kabupaten, dan akan diprioritaskan di jalan wilayah pesisir Waduk Jatigede.

“Kita sudah lakukan inventarisasi, semula totalnya ada 36 ruas jalan. Cuma karena kita sudah melakukan pemanggilan terhadap para Kepala Desa di wilayah tersebut. Dan nantinya ada sebanyak 6 ruas jalan menuju pesisir Waduk jadi jalan strategis, selain itu juga saat ini juga pihaknya akan mengalihkan status jalan dibeberapa Desa menjadi Jalan Strategis Kabupaten,” tuturnya.

Diharapkan, tambah Sonny, dengan ada peningkatan jalan ini sektor pariwisata semakin meningkat. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga terdampak pembangunan waduk Jatigede.

“Jadi dengan adanya peningkatan jalan di wilayah pesisir Waduk Jatigede ini, dapat turut meningkatkan perekonomian OTD,” tandasnya.

  • Bagikan