Surplus Rp 149 Juta, BUMDes Bersama Permata Salurkan Ratusan Bibit Domba

  • Bagikan

Sumedang, KORSUM – Mendapatkan Surplus bersih pada tahun anggaran 2020 sebesar Rp 149,800,000 BUMDes Bersama Permata Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang, menyalurkan bantuan berupa Bibit domba sebanyak 100 ekor untuk warga masyarakat yang kurang mampu dari 12 desa se-kecamatan Tanjungkerta.

Selain itu, BUMDes Bersama Permata menyalurkan bantuan bagi anggota atau pengurus kelompok yang terpapar Covid
bantuan kemanusiaan lainnya (biaya pengobatan). Serta partisipasi bantuan untuk korban bencana cimanggung melalui Forum Kabupaten.

Hadir pada kesempatan itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, Ketua Forum BUMDes Bersama Kabupaten Sridiyanto Wijaya, Camat Tanjungkerta Asep Taufik, dan
Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat DPMD Khaidir Gumilar.

Direktur BUMDesa Bersama Permata Ade Suhendar mengatakan, saat ini mengelola aset ekonomi yang dimiliki oleh BUMDesa Bersama Permata sebesar Rp 7.239.388.295 dengan
kelompok binaan yang tersebar di 12 desa se-kecamatan Tanjungkerta sebanyak 106 kelompok, dengan jumlah penerima pemanfaat sebanyak1837 orang.

“Alhamdulillah dalam situasi sulit saat ini kami masih bisa bertahan dengan tingkat pengembalian 99 persen,” kata Ade.

Adapun salah satu cara untuk mempertahankan kelompok, kata Ade, yaitu dengan cara pemberian penghargaan bagi kelompok.

Dimana setiap bulan, BUMDes Bersama Permata mengeluarkan dana untuk insentif bagi kelompok yang lunas tepat waktu
kemudian juga setiap tahun kami juga mengadakan penilaian kelompok yang akan diberi reward per tahun 5 kelompok. Dengan rincian Juara 1 Rp 2,1 juta, Juara 2 Rp 2 juta, Juara 3 Rp 1,9 juta, juara 4 Rp 1,8 juta dan Juara 5 Rp 1,7 juta.

“Ini merupakan bentuk penghargaan kami, kepada kelompok berupa insentif bagi kelompok yang lunas tepat waktu,” ujar Ade.

Sementara untuk pelaksanaan dana sosial tahun ini, tambah Ade, yaitu bersumber dari surplus tahun 2020 sebesar Rp 149, 8 juta.

“Mudah-mudahan bantuan ini dapat membantu warga yang terdampak. Selain itu, juga dapat membantu untuk memulihkan perekonomian warga ditengah pandemi Covid-19 sekarang ini,” tandasnya.

  • Bagikan