Tingkatkan Literasi, Pj. Sekda Buka Bimtek Aplikasi Srikandi

SUMEDANG, KORSUM.ID – Seperti yang disebutkan oleh Pj. Sekda Tuti Ruswati, tingkat literasi di Sumedang dapat meningkat melalui pengelolaan arsip dinamis yang memadai. Saat ini, masih ada sedikit SKPD dan kecamatan yang menggunakan aplikasi Srikandi secara terintegrasi. Melalui pembukaan Bimtek ini, semua SKPD dan kecamatan diharapkan mampu mengimplementasikan aplikasi ini dengan baik dan benar.

Namun, Pj. Sekda juga menekankan bahwa aplikasi hanyalah alat. Yang lebih penting adalah bagaimana sumber daya manusia yang mengelola arsip dinamis mampu berkelanjutan dalam mengupdate dokumen-dokumen arsip, khususnya di setiap SKPD. Dengan kata lain, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia mutlak diperlukan agar pengelolaan arsip dinamis dapat terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi.

Menurut Hari Tri Santosa, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sumedang, pembukaan Bimtek Srikandi telah dilakukan selama dua hari dan diikuti oleh tenaga pengelola arsip di semua SKPD dan kecamatan. Dia juga berharap bahwa hasil dari Bimtek ini dapat terintegrasi antara institusi pemerintah daerah dan pusat untuk meningkatkan efektivitas sistem pengarsipan di masa depan.

Di samping itu, peran Dinas Kominfosanditik juga sangatlah vital dalam pengelolaan arsip dinamis yang terintegrasi. Diharapkan apa yang telah dibuat oleh Dinas Kominfosanditik bisa terus dikembangkan agar ke depannya antar dinas bisa langsung berantar surat, sehingga pengiriman surat antardinas dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efektif.

Manfaat dari pengelolaan arsip dinamis yang terintegrasi ini tak perlu diragukan lagi. Salah satu manfaatnya adalah efektivitas pengarsipan yang lebih tinggi dan cepat. Selain itu, dengan sistem terintegrasi, seluruh dokumen arsip dapat dengan mudah ditemukan saat dibutuhkan. Ini juga akan memberikan efisiensi dalam waktu dan biaya, mengurangi paparan kehilangan data, dan sangat penting untuk memperbaiki sistem tata kelola arsip di setiap pemerintahan daerah.

Dalam jangka panjang, pengelolaan arsip dinamis yang terintegrasi dapat meningkatkan efektivitas kerja pemerintahan daerah dan mempercepat proses pengambilan keputusan oleh para pemimpin pemerintahan yang berwenang. Hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi kinerja dan produktivitas dari setiap SKPD dan kecamatan di daerah Sumedang untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat.

Oleh karena itu, kita semua, terutama para pejabat pusat dan daerah di Sumedang, harus mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Pj. Sekda Tuti Ruswati dalam pembukaan Bimtek Srikandi dan memahami betapa pentingnya pengelolaan arsip dinamis yang terintegrasi ini. Semoga hasil dari Bimtek ini akan membawa manfaat yang besar bagi masyarakat Sumedang. Selain itu, semoga pula pelaksanaan program-program serupa dapat dilakukan secara reguler untuk memastikan bahwa sumber daya manusia selalu up to date dalam pengelolaan arsip dinamis dan implementasi teknologi terbaru di bidang ini.