Tingkatkan Parawisata Sumedang, Asita dan Pemerintah Harus Bersinergi

Tingkatkan Parawisata Sumedang, Asita dan Pemerintah Harus Bersinergi

Sumedang, KORSUM – Pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19. Hadirnya Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) DPC Sumedang, diharapkan mampu untuk memulihkan sektor pariwisata tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh
Ketua DPD Asita Provinsi Jawa Barat, Budijanto Ardiansjah saat menghadiri Musyawarah Cabang (Muscab) DPD Asita Sumedang, di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor, Rabu (9/9).

Menurutnya, untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata diperlukan sinegritas antara semua pihak baik antara Pemerintah, pelaku usaha wisata serta Asosiasi. Dengan hadirnya DPD Asita Sumedang harus memberikan kemanfaatan dan juga harus bisa memberikan dukungan bagi kemajuan pariwisata Sumedang.

Selain itu, sebagai mitra dari Pemerintah, DPD Asita tentunya harus bisa menyesuaikan dengan visi misi dari Bupati dan Wakil Bupati Sumedang.

“Harapan saya, di Muscab pertama dapat terbentuk kepengurusan DPD Asita, yang seterusnya bisa berkolaborasi dengan pemerintah dalam meningkatkan sektor pariwisata,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumedang, Hari Tri Santosa mengatakan, dengan terbentuknya DPD Asita Sumedang ini, diharapkan kedepannya bisa bekerjasama dalam upaya peningkatan pariwisata Sumedang.

“Asita itu merupakan mitra Pemerintah, dan kita tidak bisa bekerja sendirian. Sebagai biro perjalanan, kedepannya Asita diharapkan bisa membuat paket-paket wisata di Sumedang, sehingga bisa mendatangkan Wisatawan dan bisa memulihkan pariwisata pasca pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Selain itu, sambung Hari, kedepannya juga diharapkan Asita bisa berkolaborasi baik dengan PHRI (Perhimpunan hotel dan restoran Indonesia) dan juga stakeholder pariwisata lainnya
untuk memajukan pariwisata.

“Tentunya, saya berharap Asita Sumedang dapat menjadi bagian pentahelix dalam pembangunan Pariwisata Sumedang,” tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Panitia Muscab ke-1 DPC ASITA Sumedang, Rauf Nuryama mengatakan, dalam kegiatan Muscab dilaksanakan juga pemilihan Ketua DPC ASITA berikut pengurus periode tahun 2020-2025.

“Tentunya, kami berharap ASITA Sumedang sebagai organisasi yang independen, bagian dari ekosistem Pariwisata di Sumedang terlebih, dapat menjadi bagian pentahelix dalam pembangunan Pariwisata Sumedang.

Apabila telah terpilih Ketua dan terbentuk Pengurus ASITA DPC Sumedang, diharapkan ada sinergitas antara para pelaku usaha Tour and Travel di Sumedang, bahkan bisa meningkatkan kesejahteraan anggota dan tumbuhnya perekonomian Sumedang.

Kegiatan Muscab ASITA diharapkan sebagai bentuk ikhtiar dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19 untuk lebih mempersiapkan diri saat menghadapi New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB),” kata Rauf menegaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *