Wabup Sumedang: Ormas Keagamaan Punya Kekuatan Penting di Masyarakat

Wabup Sumedang: Ormas Keagamaan Punya Kekuatan Penting di Masyarakat

Sumedang, KORSUM – Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) keagamaan, dinilai mempunyai kekuatan penting di masyarakat. Sehingga dengan keberadaan GP Ansor sangat potensial dikalangan masyarakat sebagai penyeimbang amar makruf nahi mungkar.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, saat menghadiri penutupan Diklatsar PC Ansor Banser Sumedang angkatan II,  yang dilaksanakan selama 3 hari Jumat-Minggu, 27-29 Desember 2020 di Bumi Kahyangan Dusun Cibacang Desa Sindangsari Kecamatan Sukasari. Minggu (29/11).

Selain itu, Erwan juga mengaku, kagum dan bangga kepada Ansor Banser Sumedang yang telah mengadakan Diklatsar. Sehingga dirinya berharap agar, pengkaderan Ansor Banser bisa dilaksanakan hingga tingkat akar rumput.

“Saya berharap, Diklatsar bisa dilaksanakan disemua tingkatan Pengurus Anak Cabang (PAC). Karena kita, mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya para anggota Ansor Banser dan umumnya bagi masyarakat,” jelasnya.

Wabup menuturkan, GP Ansor secara historis lahir dikalangan NU (Nahdatul Ulama), sehingga bisa disimpulkan, ormas keagamaan mempunyai kekuatan penting di masyarakat.

Untuk itu, keberadaan GP Ansor sangat potensial dikalangan masyarakat sebagai penyeimbang amar makruf nahi mungkar.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, saya mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini, dan diharapkan dapat membangun komitmen bersama bidang kepemudaan, keagamaan demi membangun Sumedang,” ucapnya.

Erwan juga menyebutkan, setelah mengikuti Diklatsar Banser ini, diharapkan para peserta mendapatkan ilmu  yang bisa dipraktekkan dikehidupan masyarakat tunjukan jatidiri sebagai pemuda GP Ansor.

“Nawacita Ansor, harus betul-betul dihayati dan diimplementasikan agar lebih baik lagi untuk masyarakat. Untuk itu, Diklatsar Banser ini, jangan hanya di zona 1 saja melainkan zona 3 dan zona seterusnya. Upaya tersebut dilakukan, agar pemuda di Sumedang memiliki wawasan demi menjaga dan mengamalkan ajaran NU,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua GP Ansor Sumedang Acep Komarudin Hidayat mengatakan, kegiatan Diklatsar PC Ansor Banser ini, partisipasi menjadi peserta Diklatsar Banser merupakan pilihan yang tepat untuk mengikuti Diklatsar Banser angkatan II Satkoryon Sukasari zona 1, dengan meliputi wilayah Kecamatan Sukasari, Jatinangor, Cimanggung, Tanjungsari, dan Pamulihan.

“Alhamdulillah Diklatsar Banser ini telah selesai dilakukan, para sahabat/peserta diberikan pelatihan tentang ke anshoran dan kebanseran. Kita selaku generasi muda harus memiliki banyak potensi dan kelebihan tenaga, pikiran juga waktu, dan potensi tersebut harus dipergunakan sebaik mungkin khususnya untuk menjaga Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI) yang didalamnya menjaga NU dari berbagai macam rongrongan,” tandasnya.

Ingat Pesan Ibu : untuk memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *