Panwaslu Sumedang Utara Mitigasi Kerawanan Distribusi Logistik Pemilu 2024

KORSUM.ID – Panitia Pengawas Pemilu (Panwascam) Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang, mengaku telah melakukan mitigasi kerawanan distribusi dan ketersediaan logistik Pemilu untuk mensukseskan jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Panwaslu Sumedang Utara akan bekerja sama bersinergi dengan Forkopimcam dan PPK dalam upaya pencegahan dan penindakan sebagai upaya untuk mencegah hal-hal yang dapat menggangu kelancaran Pemilu 2024,” kata Ketua Panwaslu Kecamatan Sumedang Utara Dadang Suryana SIP M.SI didampingi Kordinator Divisi Hukum Pengawasan Pencegahan, Hub masyarakat & Partisipasi Masyarakat, Agus Taryana S.Sy dan Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran & Penyelesaian Sengketa Peny Cholisoh Nurmalasari S.Pdi saat menggelar Press Release Pengawasan Masa Pemilu Tahun 2024 di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Sumedang Utara, Sabtu 2 Desember 2023.

Menurut dia, Panwascam harus bisa memastikan logistik yang akan dikirim oleh KPU harus tepat waktu, tepat jumlah tepat sasaran.

‚Äúlogistik harus tersedia dengan jumlah yang diperlukan, logistik harus diterima tepat waktu (H-1) dan logistik harus tersedia dengan anggaran yang hemat (efisien),” ujarnya.

Dadang menegaskan, siapa pun yang melanggar aturan pemilu, maka akan ditindak secara tegas.

Dikatakannya, jenis logistik Pemilu diantaranya perlengkapan pemungutan suara mulai dari kotak suara, bilik pemungutan suara,segel,alat untuk mencoblos pilihan, surat suara hingga TPS.

“Pada intinya logistik harus tepat kualitas dan sesuai standar mutu yang telah ditentukan. Semisal soal tinta, kualitasnya harus sesuai ketentuan dari Bapilu RI,” ungkapnya.

“Bahkan, alur distribusi logistik dari mulai KPU Sumedang ke PPK, PPS dan TPS harus tepat waktu, maksimal H-1, PPS akan mengirim kotak suara ke KPPS,” tandasnya.