Satu Pemudik Dinyatakan Positif Corona, Dua RT di Sumedang Harus Jalani Isolasi Mandiri

Satu Pemudik Dinyatakan Positif Corona, Dua RT di Sumedang Harus Jalani Isolasi Mandiri

Sumedang, KORSUM – Sekitar 90 sampai dengan 100 Kepala Keluarga (KK) yang terdapat di dua RT Desa Sukawening Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang, harus menjalani isolasi mandiri, setelah salahsatu warganya yang baru mudik dari luar negeri dinyatakan positif Corona atau Covid-19.

Kepala Desa Sukawening Kecamatan Ganeas, Karman membenarkan kalau dua RT di wilayah Desa nya harus menjalani isolasi secara mandiri.

Menurutnya, kebijakan isolasi mandiri itu diambil karena satu warga yang berinisial GM mudik dari luar negri, dimana GM bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) di Kapal Pesiar Miami Amerika Serikat.

“Sejak kedatangan GM langsung dilakukan rapid test yang dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, dimana hasilnya reaktif. Selanjutnya setelah dilakukan Swab test hasilnya positif Covid-19,” kata Karman saat dikonfirmasi KORSUM melalui Whatsapp, Kamis (21/5).

Adapun terkait kebijakan untuk melakukan isolasi mandiri di ke dua RT tersebut, sambung Karman, merupakan keputusan yang tepat, karena kondisi rumah di dua RT yaitu RT 03 dan 04 lokasi rumahnya berdekatan. Untuk itu, keluarga dan tetangga pasien harus melakukan isolasi mandiri.

“Kalau pasien positif Covid-19 sudah ditangani dan diisolasi di RSUD Sumedang,” ujarnya.

Karman berharap, dengan adanya pemberlakuan isolasi mandiri di dua RT Desa Sukawening ini. Bisa memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19.

“Ya Mudah-mudahan, pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan kehidupan warga juga bisa kembali normal,” ujarnya.

Perkembangan Covid-19 di Sumedang

Sebelumnya terkait Perkembangan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumedang, sampai dengan hari ini Rabu (20/5) kemarin, dari 11 Pasien Positif Covid-19, yang dinyatakan sembuh Sebanyak 2 orang.

“Dari total 11 orang pasien terkonfirmasi positif SWAB, 2 orang diantaranya telah selesai dan dinyatakan sembuh, yaitu pasien berasal dari Kecamatan Darmaraja dan Jatinangor”. Kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Dr. Iwa Kuswaeri, saat siaran pers di Gedung IPP, Rabu (20/5).

Adapun 9 orang yang masih dinyatakan positif tersebut yaitu, 1 orang dari Kecamatan Sumedang, 2 orang Kecamatan Jatinangor, 1 orang Kecamatan Cimanggung , 1 orang Kecamatan Buahdua, 2 orang Kecamatan Ujungjaya, 1 orang Kecamatan Tomo dan 1 orang dari Kecamatan Ganeas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

One Reply to “Satu Pemudik Dinyatakan Positif Corona, Dua RT di Sumedang Harus Jalani Isolasi Mandiri”