Bisnis  

Bahas Peluang Investasi, Para Pengusaha Sumedang Kumpul di Jatinangor

SUMEDANG, KORSUM.ID – Dalam rangka temu bisnis para pelaku usaha di Sumedang berkumpul di Jatinangor National Golf, Selasa malam (5/12/2023).

Dengan bertajuk “Kopdar” (Kolaborasi Pengusaha Daerah), kegiatan yang diinisiasi DPMPTSP bersama BPC HIPMI Sumedang tersebut dibuka Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman.

Pj Herman menyebutkan, pertemuan diisi bincang santai dan sharing session antara pemerintah dengan para pengusaha terkait peluang investasi di Kabupaten Sumedang.

“Pemda Sumedang bersama DPRD sudah melahirkan Peraturan Daerah berkaitan dengan investasi. Perbup sudah kita terbitkan. Berbagai skema insentif kita siapkan untuk memastikan investasi di Sumedang lancar,” kata Herman.

Herman mengajak para pengusaha, baik yang ada di Sumedang maupun di luar Sumedang, untuk berinvestasi di Kabupaten Sumedang.

“Bagi para pengusaha yang akan investasi di Sumedang kami berikan layanan terbaik. Tentu ditunjang dengan infrastuktur dan lainnya yang relatif memadai. Mari kita investasi di Sumedang atau anda akan menyesal seumur hidup,” katanya.

Pj Bupati pun berharap agar para pelaku usaha di Sumedang dapat naik kelas dan tidak jalan di tempat.

“Pengusaha di Sumedang harus naik kelas. Kita siap mensuport dan mendukung,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sumedang (DPMPTSP) Kemal Idris melaporkan, digelar kegiatan bertujuan untuk menciptakan kolabaorasi antara pemerintah daerah  dengan para pengusaha.

“Untuk mengakselerasi investasi di Kabupaten Sumedang tidak cukup hanya mengandalkan pemerintah, tetapi harus terbangun pentahelix,” kata Kemal.

Kemal menyebutkan, yang terpenting ialah bagaimana membangun citra positif sehingga para pengusaha mau berinvestasi di Kabupaten Sumedang.

“Paling penting menciptakan citra bahwa Sumedang kabupaten yang ramah investasi. Kita sudah mempunyai Perda kemudahan investasi dan insentif dan saat ini sudah ditetapkan Perbubnya. Jadi untuk kepastian hukum kita sudah punya,” ujarnya.

Ketua Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Sumedang Isal Saeful Rohman mengaku bersyukur karena selama ini para pengusaha tidak pernah lepas dari dukungan pemerintah.

“Kita hari ini sangat berbahagia dengan dukungan dari pemerintah dan kemudahan yang diberikan untuk investasi di Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia berharap dukungan dan kolaborasi tersebut terus berlanjut.

“Mudah-mudahan ke depan pemerintah daerah bisa bersinergi terus dengan para pengusaha, terkhusus dengan pengusaha di Kabupaten Sumedang,” kata Isal.

Tampak hadir perwakilan Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI dan Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Jawa Barat, jajaran pengurus BPC HIPMI, anggota PHRI, KADIN, GAPENSI dan tamu undangan lainnya.