Banner Iklan bappenda

Kades Terpilih di Sumedang, Akan Dilantik Secara Virtual Besok

Sumedang, KORSUM – Sebanyak 88 kepala desa terpilih dalam Pilkades Serentak Gelombang III di Kab. Sumedang, akan dilantik secara virtual, Rabu (23/12) besok.

Adapun rencana pelantikan secara virtual tersebut dilakukan, sebagai upaya untuk menghindari terjadinya kerumunan di masa Pandemi Covid-19 ini.

Dimana, Proses pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan para kepala desa sendiri, rencananya akan dilaksanakan langsung oleh Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir di Gedung Negara.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang, Endah Kusyaman membenarkan, kalau proses pelantikan kepala desa terpilih, akan dilakukan secara virtual.

“Untuk menghindari terjadinya kerumunan yang berpotensi dapat menyebarkan virus corona, maka proses pelantikan kepala desa ini terpaksa dilakukan secara virtual.
Sekarang kita kan sedang dalam kondisi pandemi Covid-19,” kata Endah pada wartawan.

Rencananya, sambung Endah, pelaksanaan pelantikan Kades terpilih itu, bakal dilaksanakan di Gedung Negara. Kemudian untuk pelantikan simbolisnya, akan ada 8 kades terpilih yang bakal dilantik secara langsung oleh Bupati Sumedang.

Adapun sisanya, sebanyak 80 kepala desa terpilih lainnya, akan mengikuti proses pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan secara virtual di masing-masing Kantor Kecamatannya, dengan disaksikan oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Camat, Danramil, dan Kapolsek).

“Besok ada 8 kades yang terpilih akan langsung dilantik di Gedung Negara, yaitu para Kades terpilih dari wilayah kota, seperti di Kec. Sumedang Utara, Sumedang Selatan, dan Ganeas,” ucapnya.

Endah menambahkan, pada dasarnya semua kepala desa terpilih yang akan dilantik, tentunya harus mengikuti proses pelantikan sebagai mana biasanya. Namun, mereka prosesi pelantikan tersebut secara virtual melalui aplikasi zoom yang disedikan di kantor kecamatan dimana kades terpilih dilantik.

“Jadi semuanya wajib mengikuti proses pelantikan secara virtual itu, mulai dari pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pengucapan sumpah dan janji jabatan, hingga penyematan pangkat dan lambang garuda. Hanya saja, untuk penyematan pangkat dan lambang Garuda yang akan disematkan langsung oleh Bupati hanya 8 Kades saja, dan sisanya yang 80 kades penyematan pangkat dan Lambang Garuda akan dilakukan oleh Camatnya masing-masing,”kata Endah menegaskan.