Pemkab Segera Bongkar Bangunan Liar di Cisoka

Pemkab Segera Bongkar Bangunan Liar di Cisoka

SUMEDANG, KORSUM–Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang akan segera membongkar bangunan-bangunan liar di tanah negara kawasan Perkebunan Teh Cisoka Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan sesaat setelah memimpin rapat terkait pembahasan penertiban Kawasan Wisata Cisoka di Ruang Kareumbi Setda, Senin (19/10).

Dikatakan Wabup, pihaknya telah memerintahkan Satpol PP untuk memberikan Surat Perintah pembongkaran bangunan liar di kawasan tersebut.

“Pemilik bangunan liar kita beri waktu sampai dengan tanggal 25 Oktober 2020 untuk membongkar sendiri bangunannya. Jika masih belum dilakukan, pihak kami yang akan melakukan pembongkaran tanggal 27 Oktober 2020 mendatang” ucapnya.

Wabup mengungkapkan, saat ini tercatat ada 40 bangunan vila, 41 tempat selfie dan 24 warung.

“Untuk warung dan tempat selfie kami masih memberikan kelonggaran sampai dengan ada kekuatan hukum yang jelas. Kita juga sedang mengusulkan ke pemerintah pusat untuk hak pengelolaan lahannya. Nanti jika prosesnya sudah selesai kita akan buatkan FS dan DED-nya,” ungkapnya.

Wabup menegaskan, tidak akan ada tawar menawar untuk pembangunan bangunan liar di kawasan perkebunan teh Cisoka.

“Kebun teh saat ini sudah dirusak dan dialih fungsikan. Untuk itu, kami akan kembalikan sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai perkebunan teh,” ujarnya.

Menurut Wabup, kawasan Cisoka merupakan tanah negara yang tidak boleh diperjualbelikan serta dialih fungsikan. Ia tidak akan tebang pilih terhadap pemilik bangunan di Cisoka yang menyalahi aturan.

“Saya tekankan agar taati aturan, cintai dan jaga alam ini. Tidak akan ada tawar menawar bagi mereka yang merusak alam. Kami juga akan menerapkan sanksi tegas jika terbukti ada jual beli lahan Cisoka,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

One Reply to “Pemkab Segera Bongkar Bangunan Liar di Cisoka”

  1. Mantul , lanjutkan tegakkan hukum yang berlaku..sukses slalu Wabub beserta jajarannya